Laman

Rabu, 04 Juli 2012

MANFAAT BUNGA EDELWEISS




Manfaat Edelweis Bagi Kesehatan memang jarang diketahui oleh para pengagumnya. Selama ini Edelweis kita ketahui hanya sebagai bunga langka yang hidup di ketinggian di atas 2000 meter di atas permukaan laut, biasanya tumbuh di wilayah puncak - puncak gunung di Indonesia dan gunung - gunung bersuhu relatif tropis. 
Dan biasanya oleh para pendaki kelas teri, di ambil dan dijadikan semacam kenangan penghias vas bunga di sudut kamar tidur.Tetapi tahukah anda, bila Edelweis memiliki manfaat bagi kesehatan? Jenis bunga ini memang terlihat rapuh, namun manfaatnya dapat mengencangkan kulit berkeriput, meningkatkan sirkulasi, mengobati iritasi, melindungi kolagen, dan mencerahkan kulit. Bunganya telah terbukti mengandung fitokimia yang mampu menghambat perkembangan radikal bebas.





Edelweis disajikan menjadi teh untuk mengobati sirkulasi yang buruk, kanker payudara, batuk dan difteri. Bahkan dibuat salep untuk melindungi kulit dari sengatan matahari, meringankan rasa sakit rematik dan membantu menyembuhkan luka.
Ada legenda di negara - negara Eropa Utara, Edelweis dapat melindungi selama di medan perang. Untuk menunjukkan cinta mereka, pria Swiss mempertaruhkan nyawa untuk memetik bunga kecil tersebut di puncak gunung.
Apapun juga, Edelweis adalah bunga abadi yang hanya bisa tumbuh di ketinggian. Tidak selayaknya apabila kita merusaknya, apalagi bila anda adalah manusia yang mengaku pecinta alam dan suka meneriakkan sapaan: Salam Lestari. Biarkan dia hidup di rumahnya. Ambil dia apabila anda menggunakan manfaatnya bagi kesehatan, bukan sebagai bunga pajangan sampai mati.

4 komentar:

  1. aku suka edelweis....
    thanks for info nya... :)

    BalasHapus
  2. sama",semoga ada manfaatnya...! :)

    BalasHapus
  3. quafy.student.ipb.ac.id
    going crazy with this flower. thanks.

    BalasHapus